Kurikulum “Jelmaan”
(Transformasi Wajah Kurikulum)
Pembahasan buku
ini diawali dengan “Kurikulum dan aksi kemunculannya di ruang publik,”
dilanjutkan dengan “sosok” kurikulum yang multideminsional”, sehingga ia dimaknai secara berbeda.” Bagaimana kurikulum
dalam manajemen sekolah, membahas peran,
fungsi, komponen dan organisasinya. Kemudian mencermati pengembangan kurikulum
di negeri kita, seperti apa regulasi proses, landasan dan prosedur pengembangan
kurikulum sekolah, juga prinsip-prinsipnya, pendekatannya dan bagaimana kita
memahami lalu melihat model-modelnya, realitas dan transformasi kurikulum sampai pada ikhwal Kurikulum Pancawardana. Tidak
hanya Kurikulum 1984 yang merupakan jelmaan Kurikulum 1975 yang telah
disempurnakan. Kurikulum “jelmaan” bisa saja terjadi
pada kurikulum-kurikulum selanjutnya. Namanya berganti tetapi jiwanya,
angan-angannya, harapan-harapannya bahkan cita-citanya masih tetap sama.
Seperti terlahir kembali dalam wujud yang lebih baik, lebih mampu menjawab
tantangan dan kebutuhan bangsa ini. Apa
iya? Kita nikmati saja bagaimana gaya bahasa penulisnya mengungkap isi buku
ini hingga menjelma bagai cerita.
0 komentar:
Posting Komentar