1
“SOSOK” PTK
ANDA SEORANG mahasiswa
semester akhir yang bingung menyusun skripsi? Atau seorang guru yang khawatir
dengan beban pengembangan diri untuk menulis Karya Tulis yang dipublikasikan?
Atau melakukan PTK sebagai salah satu prasyarat kenaikan pangkat? Atau Anda
yang risau dengan permasalahan pembelajaran di kelas? Anda bingung dan khawatir?
Anda tidak perlu bingung apalagi khawatir, tenangkan diri Anda dan santai saja.
Anda beruntung karena sudah memegang buku ini. Insya Allah buku ini memandu
mewujudkan keinginan Anda, dengan cara mudah. Hanya dengan beberapa langkah
Anda akan sampai ketujuan. Tidak perlu ratusan langkah, atau puluhan langkah.
Cukup dengan langkah praktis yang juga
fantastis!
Sebelum kita membahas langkah praktis nan fantastis menuju
PTK, ada baiknya kita kenali lebih dahulu seperti apa “Sosok PTK” sebenarnya. PTK
atau Penelitian Tindakan Kelas adalah
sebuah penelitian yang dilakukan guru di
kelas sendiri melalui refleksi diri yang bertujuan memperbaiki kinerja untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran. Sementara penelitian atau research
merupakan puncak kegiatan studi yang dilakukan bagi Anda yang mengambil
program sarjana (S1). Anda dituntut untuk mengembangkan wawasan dengan
melakukan penggalian, pencarian atau eksplorasi terhadap jawaban atas masalah
yang akan dikaji, juga terhadap seperangkat aturan dan langkah yang mesti
diikuti.
Penelitian Tindakan Kelas atau dikenal juga Classroom Action Research, seperti telah
disinggung di atas merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilakukan oleh guru di
kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan memperbaiki kinerjanya
sebagai guru, dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Dari
pengertian tersebut dapat kita cermati sejumlah ide pokok bahwa PTK adalah
suatu bentuk inkuiri atau penyelidikan yang dilakukan melalui refleksi diri;
pelaku PTK terlibat langsung dalam situasi yang diteliti (dalam hal ini guru,
siswa bahkan kepala sekolah); situasi sosial PTK adalah situasi pendidikan; PTK
bertujuan memperbaiki dasar pemikiran dan kepantasan dari praktik-praktik,
memahami praktik serta situasinya dan tempat dimana praktik itu dilakukan.
PTK merupakan penelitian tindakan yang dimulai dari
tindakan diri penelitinya sendiri. Perbaikan yang dimulai dari upaya perbaikan
dari guru kelasnya sendiri. Yang dilakukan oleh guru secara pribadi, guru
secara profesi dan berimbas pada perbaikan kinerja guru dalam pembelajaran.
Bagaimana guru menyiapkan pembelajaran, mengkondisikan kelas, menyiapkan sumber
belajar. Bagaimana guru memilih media, metode, strategi,
pendekatan pembelajaran
yang relevan dengan kelasnya.
Memilih media yang tepat dan relevan. Media yang dapat
membantu menjelaskan materi kurang jelas, materi yang rumit, materi yang sulit
dijelaskan. Materi yang sulit dicerna tanpa bantuan media. Memilih media sama
pentingnya dengan memilih sumber belajar yang memberi motivasi bagi peserta
didik. Memilih bahan pelajaran yang dapat memberi makna bagi pengalaman belajar
peserta didik. Demikian pula metode, strategi, teknik, pendekatan dalam
pembelajaran.
Beberapa keterampilan teknis mengajar pun harus dikuasai
guru seperti, keterampilan membuka menutup pelajaran, keterampilan bertanya,
keterampilan menjelaskan, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan
mengadakan penguatan, keterampilan membimbing diskusi, keterampilan mengajar
kelompok kecil dan individual, dan keterampilan melakukan evaluasi.
Demikian “Sosok” PTK yang selama ini kita bicarakan. Secara
sederhana kita dapat memahami apa yang maksud PTK? Siapa pelaku PTK? Dimana PTK
dilakukan? Bagaimana cara melakukan PTK? Kapan PTK dilakukan? Serta untuk apa
PTK dilakukan? Jika pertanyaan itu dapat Anda kuasai, aku ucapkan selamat Anda
sudah mengenali “Sosok PTK”. Jika masih ragu mari bersama kita cermati
ciri-ciri atau karakteristiknya.Ayo jangan sungkan-sungkan![PTK DP]
0 komentar:
Posting Komentar