SELAMAT DATANG DI BLOG RUMAH INSAN BELAJAR || BAGI YANG INGIN MEMPUBLIKASI ULANG MENGENAI ISI DARI BLOG INI HARAP CANTUMKAN LINK SUMBER DAN PENULIS. TRIM'S



2
pembelajaran berkualitas &
supervisi akademik










SUPERVISI akademik adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk membantu guru mengembangkan kemampuan dalam mengelola pembelajaran. Upaya membantu guru dalam konteks supervisi akademik pun tetap memperhatikan aspek individu tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, status sosial ekonomi, dan yang berkebutuhan khusus dalam mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran.
Sergiovanni dalam Supervisi Akademik BPU ProDEP[1] (2014:105), ada tiga tujuan supervisi akademik sebagai digambarkan dalam chart yang telah dimodifikasi tentang Tiga Tujuan Supervisi Akademik berikut,





1.    Supervisi akademik dilakukan untuk membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalnya dalam memahami akademik, kehidupan kelas, mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya melalui teknik-teknik;
2.    Supervisi akademik dilakukan untuk memonitor kegiatan kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan memonitor ini bisa dilakukan melalui kunjungan kepala sekolah ke kelas-kelas di saat guru sedang mengajar, percakapan pribadi dengan guru, teman sejawatnya, maupun dengan sebagian peserta didik;
3.    Supervisi akademik dilakukan untuk mendorong guru menerapkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas mengajar, mendorong guru mengembangkan kemampuannya sendiri, serta mendorong guru agar ia memiliki perhatian yang sungguh-sungguh (commitment) terhadap tugas dan tanggung jawabnya.
Supervisi akademik merupakan bagian tak terpisahkan dari pembelajaran berkualitas. Mengapa? Karena pembelajaran berkualitas memerlukan kesiapan guru menjalani tugas secara profesional. Melalui supervisi akademik profesionalitas guru dalam mencapai tujuan secara optimal dapat terwujud. Supervisi akademik merupakan cara efektif  melihat kondisi dan realita yang terjadi dalam setiap rangkaian kegiatan pembelajaran. Supervisi akademik merupakan cara cerdas kepala sekolah mengungkap informasi mengenai kemampuannya mengelola kelas, kemampuan guru memfasilitasi kebutuhan peserta didik dalam melibatkan dirinya secara aktif.  Sehingga semua peserta didik merasa menjadi bagian penting dalam pembelajaran.
Lalu muncul pertanyaan, supervisi akademik bagaimana yang mampu memberi jaminan terjadinya pembelajaran yang berkualitas? Supervisi akademik yang mampu menjamin pembelajaran yang berkualitas ditandai oleh beberapa hal, yaitu Pertama supervisi akademik harus terencana. Ada beberapa pedoman supervisi akademik yang harus kita perhatikan pada langkah pertama. Pedoman supervisi akademik memiliki indikator yang meliputi: (a) penentuan tujuan supervisi akademik, (b) jadwal pelaksanaan supervisi akademik, (c) teknik supervisi akademik, (d) instrumen supervisi akademik, (e) pelaksanaan supervisi akademik, (f) pemberian umpan balik (feedback) dan rencana tindak lanjut..[mpb]


[1] Prfesional Develompment for Education Personnel Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala sekolah/Madrasah  Program Kemitraan Pendidikan Australia Indonesia Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan & Kebudayaan dan Penjaminnan Mutu Pendidikan

0 komentar:

Posting Komentar