2
pembelajaran
berkualitas &
supervisi
akademik
SUPERVISI
akademik adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk membantu guru
mengembangkan kemampuan dalam mengelola pembelajaran. Upaya membantu guru dalam
konteks supervisi akademik pun tetap memperhatikan aspek individu tanpa
membedakan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, status sosial ekonomi,
dan yang berkebutuhan khusus dalam mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan
pembelajaran.
Sergiovanni dalam
Supervisi Akademik BPU ProDEP[1]
(2014:105), ada tiga tujuan supervisi akademik sebagai digambarkan dalam
chart yang telah dimodifikasi tentang Tiga Tujuan Supervisi Akademik berikut,
1.
Supervisi
akademik dilakukan untuk membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalnya
dalam memahami akademik, kehidupan kelas, mengembangkan keterampilan
mengajarnya dan menggunakan kemampuannya melalui teknik-teknik;
2.
Supervisi
akademik dilakukan untuk memonitor kegiatan kegiatan proses belajar mengajar di
sekolah. Kegiatan memonitor ini bisa dilakukan melalui kunjungan kepala sekolah
ke kelas-kelas di saat guru sedang mengajar, percakapan pribadi dengan guru,
teman sejawatnya, maupun dengan sebagian peserta didik;
3.
Supervisi akademik
dilakukan untuk mendorong guru menerapkan kemampuannya dalam melaksanakan
tugas-tugas mengajar, mendorong guru mengembangkan kemampuannya sendiri, serta
mendorong guru agar ia memiliki perhatian yang sungguh-sungguh (commitment) terhadap tugas dan tanggung
jawabnya.
Supervisi akademik merupakan bagian tak terpisahkan dari pembelajaran
berkualitas. Mengapa? Karena pembelajaran berkualitas memerlukan kesiapan guru
menjalani tugas secara profesional. Melalui supervisi akademik profesionalitas
guru dalam mencapai tujuan secara optimal dapat terwujud. Supervisi akademik
merupakan cara efektif melihat kondisi
dan realita yang terjadi dalam setiap rangkaian kegiatan pembelajaran.
Supervisi akademik merupakan cara cerdas kepala sekolah mengungkap informasi
mengenai kemampuannya mengelola kelas, kemampuan guru memfasilitasi kebutuhan
peserta didik dalam melibatkan dirinya secara aktif. Sehingga semua peserta didik merasa menjadi
bagian penting dalam pembelajaran.
Lalu muncul pertanyaan, supervisi akademik
bagaimana yang mampu memberi jaminan terjadinya pembelajaran yang berkualitas?
Supervisi akademik yang mampu menjamin pembelajaran yang berkualitas ditandai
oleh beberapa hal, yaitu Pertama
supervisi akademik harus terencana. Ada beberapa pedoman supervisi akademik
yang harus kita perhatikan pada langkah pertama. Pedoman supervisi akademik
memiliki indikator yang meliputi: (a) penentuan tujuan supervisi akademik, (b)
jadwal pelaksanaan supervisi akademik, (c) teknik supervisi akademik, (d)
instrumen supervisi akademik, (e) pelaksanaan supervisi akademik, (f) pemberian
umpan balik (feedback) dan rencana
tindak lanjut..[mpb]
[1] Prfesional Develompment for
Education Personnel Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala
sekolah/Madrasah Program Kemitraan
Pendidikan Australia Indonesia Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pendidikan & Kebudayaan dan Penjaminnan Mutu Pendidikan
0 komentar:
Posting Komentar