MATERI MATA KULIAH
PENGEMBANGAN KURIKULUM GURU PAI
OLEH : Akhmad Mawardi Syahid
PENDAHULUAN
REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM
Perlukah Pendidikan Islam menata ulang dan menyusun kembali strategi pengembangan kurikulum dan pembelajaran?
Jawab :
Pendidikan Islam kiranya perlu menata ulang dan menyu sun (merekonstruksi) kembali strategi pengembangan kurikulum terutama aspek-aspek kurikulum dan pembelajaran- agar eksistensinya selalu bersifat actual dalam merespons berbagai tantangan dunia pendidikan baik yang berskala lokal, nasional maupun global, yang pada gilirannya eksistensi pendidikan Islam menjadi solid dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan pendidikan bangsa.
Kurikulum sebagai Suatu Program Kegiatan yang Terencana
Kurikulum sebagai suatu program kegiatan terencana ( program of planned activities) memiliki rentang yang cukup luas, hingga membentuk suatu pandangan yang menyeluruh. Di suatu pihak, kurikulum dipandang sebagai suatu dokumen tertulis (Beauchamp, 1981) dan di lain pihak, kurikulum dipandang sebagai rencana tidak tertulis yang terdapat dalam pikiran pihak pendidik (Taylor, 1970).
Kurikulum sebagai Hasil Belajar yang Diharapkan
Beberapa penulis kurikulum (Johnson, 1977 dan Posner, 1982) menyatakan bahwa kurikulum seharusnya tidak dipandang sebagai aktivitas, tetapi difokuskan secara langsung pada berbagai hasil belajar yang diharapkan (intended learning outcomes). Kajian ini menekankan perubahan cara pandang kurikulum, dari kurikulum sebagai alat (means) menjadi kurikulum sebagai tujuan atau akhir yang akan dicapai (ends). Salah satu alasan utama adalah karena hasil belajar yang diharapkan merupakan dasar bagi perencanaan dan perumusan berbagai tujuan kegiatan pembelajaran.
Download Materi dan soal,
bohong dan dampaknya
-
Menjauhkan kita kepada yang seharusnya kita DEKAT & mendekatkan kita kepada
yang seharusnya kita JAUHIadalah DAMPAK dari KEBOHONGAN
0 komentar:
Posting Komentar